Tips Simple Membedakan Lowongan Kerja Hoax

Tips Simple Membedakan Lowongan Kerja Hoax - Halo sobat Cikidaw, kali ini saya mau share tentang Tips Simple Membedakan Lowongan Kerja Hoax, langsung saja yuk dibaca artikelnya

Mencari kerja saat ini semakin mudah berkat adanya internet, namun di satu sisi penipuan berkedok lamaran kerja masih banyak terjadi. Modus penipuan kerja pun semakin beragam bentuknya. Banyaknya pencari kerja, terkadang justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu sebagai jalan untuk melancarkan aksi-aksi nakal. Oknum tersebut sengaja membuat dan menyebar luaskan lowongan kerja palsu dan sudah memakan banyak korban. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari lowongan kerja palsu.

1. Persyaratan Terlalu Mudah

Pernahkah Anda menemukan loker dengan syarat yang tidak masuk akal? Tanpa tes, menerima semua jenjang pendidikan, bahkan langsung diterima dan dapat bekerja esok harinya. Ini adalah salah satu tanda loker fiktif. Perusahaan asli membutuhkan setidaknya 1-2 minggu untuk proses rekrutmen. Mereka juga menyaring kandidat berdasarkan skill, pengalaman dan pendidikan yang dimiliki.

2. Nama dan Alamat Kantor Tidak Jelas

Merasa ragu dengan keaslian perusahaan? Cara mudahnya ketik “penipuan + nama kantor”, lewat mesin pencari Google. Anda akan menemukan ulasan dari orang yang pernah melamar atau bekerja di sana. Anda juga dapat mengetahui daftar perusahaan abal-abal di forum online seperti Quora atau Kaskus. Pastikan Anda tahu kebenarannya sebelum datang ke sana.

3. E-mail Perusahaan Tidak Resmi

Setiap perusahaan biasanya memiliki domain perusahaannya sendiri. Perekrutan pekerja baru biasanya juga menggunakan e-mail resmi perusahaan beserta domainnya. Misalnya, namaemail@domainperusahaan.com Jika Anda mendapatkan lowongan kerja menggunakan e-mail dengan domain umum, seperti gmail, yahoo, maupun domain umum lainnya, Anda harus waspada. Beberapa media sosial perusahaan besar atau kementerian biasanya sudah terverifikasi dengan tanda centang biru.

4. Teks Panggilan Kerja Panjang Lebar

Lowongan kerja palsu biasanya sering ditulis panjang lebar dan apa adanya, sehingga dilihatpun tidak simple alias bertele-tele. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati jika panggilan wawancara kerja diberikan melalui chat atau pesan singkat menggunakan nomor pribadi. Panggilan interview dari perusahaan biasanya diberikan melalui email atau telepon resmi dari perusahaan.

5. Menampilkan Angka Gaji Menggiurkan

Setelah persyaratan lowongan yang mudah, ditawarkanlah gaji yang menggiurkan. Misalnya gaji 7-10 juta dengan bonus dan tunjangan untuk posisi staf. Agak menggiurkan bukan untuk posisi bawahan dengan gaji yang terbilang besar. Sebelum kamu kepincut dengan penawaran gaji besar ini, Anda bisa mencari tahu berapa kisaran gaji untuk posisi X sehingga Anda bisa lebih rasional.

6. Mencatut Perusahaan/BUMN Terkenal

Banyak lowongan kerja yang mencatut perusahaan terkenal untuk mencari korban. Sebagian dari mereka bahkan mengaku mereka adalah penyalur tenaga kerja untuk perusahaan X sehingga bila Anda tidak kritis bisa tertipu. Bila menemukan perusahaan atau BUMN terkenal membuka lowongan pekerjaan, Anda pastikan terlebih dahulu di situs resmi perusahaan.

7. Menunjukan Rute Tempat/Diarahin Naik Kendaraan Umum

Sering banget lowongan penipuan mengarahkan jalan/rute naik kendaraan, dikarenakan perusahaan tersebut tidak akan ada di google maps, walaupun ada dia berbentuk ruko, jika perusahaan resmi tidak akan menunjukan arah tempat/rute naik kendaraan umum, jaman sekarang sudah canggih bisa lihat google maps.

8. Diperbolehkan ajak teman dan buka banyak posisi

Ini harus banget dicurigai, lowongan yang resmi itu tidak akan memperbolehkan kalian ajak teman, simplenya seperti ini " kamu aja belum interview kok boleh ajak teman ? ", 
Contoh panggilan lowker penipuan:










Simplenya ciri-ciri lowker penipuan :

  1. undangan chat interviewnya telalu panjang
  2. nama perusahaan/restauran tidak ada digoogle
  3. mengarahkan rute naik kendaraan
  4. gaji umr jakarta/besar+tunjangan lainnya
  5. diperbolehkan bawa teman

Demikianlah artikel dari admin mengenai Tips Simple Membedakan Lowongan Kerja Hoax. Semoga bermanfaat dan sekian dari admin, sampai bertemu di artikel selanjutnya.